Kamis, 26 Mei 2011

Teknologi baru mobil charger accu mobil tanpa kabel

Car Wireless Charging [Sistem Pengisi Baterai Mobil Listrik Terbaru]

Jangan lupa ratenya ya gan.

Semakin berkembangnya teknologi mobil listrik/electric vehicle (EVs) dan hibrida menciptakan suatu teknologi baru. Sistem pengisian listrik pada umumnya menggunakan stekker/colokan yang dicolokan pada stop kontak listrik rumah kini pun mulai banyak menuai kendala. Seperti dikutip Wardsauto.com , “Bayangkan seorang ibu dengan tiga anak sehabis berbelanja dengan banyak tetengan di tangan! Pasti tidak akan ingat memasang stekker mobilnya ke stop kontak di garasi,” komentar Marino. Untuk itu dibuatlah suatu cara yang lebih memudahkan dalam pengisian listrik pada mobil listrik.


Wirelesscharging adalah suatu teknologi baru bidang EVs yang berfungsi untuk mencharging mobil listrik dengan metode wireless. Teknologi baru ini mulai dikembangkan oleh pabrikan Volvo pada varian C30nya dan Toyota yang bekerjasama dengan WiTricity Massachusetts untuk Priusnya.


Spoiler for c30:

Spoiler for prius:




Volvo C30 saat ini yang akan mulai menguji pelanggan di Eropa akhir tahun kemarin menggunakan kabel sebagai stekker ke kisi-kisi mobil melalui konektor pengisian yang dirancang khusus. Dalam perjanjian kemitraan baru, Flanders 'Belgia Drive akan memodifikasi Volvo C30 Listrik sehingga baterai dapat diisi ulang 20kWh tanpa kabel dengan menggunakan induksi pengisian.









Dengan sistem induksi, medan magnet terbuat diantara plat pengisian di tanah dan mengangkat induksi listrik ke mesin, yang kemudian mentrasfer sumber listrik ke baterai mobil. Selain itu mobil di lengkapi dengan sistem pengubah tegangan yang berfungsi untuk mengubah listrik AC (Alternating Current) menjadi DC ( Direct Current ) sebelum di simpan di baterai. Dengan metode ini untuk mengisi baterai penuh 20kWh hanya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit saja. Sistem ini dapat dipasang di garasi mobil, tempat parkir pada mall atau tempat umum bahkan bisa dipasang di jalan, sehingga pengendara dapat mengisi listrik mereka sembari mereka mengemudikan kendaraan mereka. Untuk konsep kedepannya listrik yang disimpan pada baterai mobil bisa di simpan ulang ke baterai rumah pada malam hari sebagai cadangan apabila terjadi pemadaman listrik.

Spoiler for nih gan:

Spoiler for lagi:

Spoiler for tambah lagi:




Ditulis Oleh : Adi Paryanto // 00.20
Kategori:

1 komentar:

  1. Tambahan mas.. Tegangan input stroom accu harus lebih besar dari tegangan accu, coba pakai skema saya dan sambil belajar menghitung keluaran tegangan

    http://cewebohai.blogspot.com/2012/07/skema-charger-accu-mobil-motor.html

    semoga berhasil..

    BalasHapus

 
Jababeka Komputer 2008. Diberdayakan oleh Blogger.